Senin, 16 September 2013

membuat database langsung dari netbeans 7.1

membuat database langsung dari netbeans 7.1


Wah udah lama ne nggak posting artikel…..okelah hari  ini ane mau posting tentang pembuatan database langsung dari netbeans 7.1 . biasanya jika kita menggunakan webserver untuk membuat databasenya , maka kita harus membuka database terlebuh dahulu , jadi ribet deh udah buka net beans terus buka webserver lagi wah 2 kali kerja …hmmmm ane punya solusi untu mempercepat proses ini dengan cara membuat database langsung di netbeans 7.1

oke kalau begitu kita mulai saja gan  ,  yang pertama pastinya buka dulu netbeansnya kemudian ciptakan sebuah project di netbeans dengan langkah2 sebagai brikut klik menu File > New project > java > java application ..perhatikangambar …
dan teruskan dengan memberikan nama dengan project lalu klik finsh kita perhatikan gambar

jika sudah di klik tombol finish maka project sudah siap di olah untuk membuat database perhatikan langkah2 berikut cari menu berikut di bagian kanan lalu klik service maka di situ terlihat menu database klik tanda (+) pda menu database

lalu klik kanan pada java DB lalu pilih Create  data base seperti ada gambar di bawah

maka akan muncul tampilan seperti ini

setelah kita klik oke maka muncul tampilan sbb

langgkah selanjutnya kita konek kan databasenya

klik ok

jika sudah di klik ok maka muncul doubel pada jdbc lalu pilih APP > Table > create table


lanjutkan dengan membuat sebuah form untuk membuktikan bahwa database kita berhasil


masukan tabel pada form


perhatikan gambar
selesai sudah ….selamat mencoba dan tinggalkan komentar anda.

source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9

source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9


adapun yang akan share di sini adalah aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9. semoga para sahabat baliona semua, dapat mengambil contoh dan referensi dari aplikasi netbeans yang baliona share ini, sebelumnya terima kasih untuk mas eko, atas program netbeansnya.
prorgam ini baliona temukan bersumber dari website ini
eecchhoo.wordpress.com/2010/07/05/sistem-informasi-penjualan-dan-pembelian-barang-di-akusmart-berbasis-netbeans-platform-6-9/

screenshoot dari pemrograman ini, dapat di lihat di bawah ini icon biggrin source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9

akusmart database configuration 300x209 source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9









akusmart netbeans platform 300x187 source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9








akusmart report 300x213 source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9









akusmart struk 300x204 source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9









akusmart teller 300x205 source code aplikasi penjualan dan pembelian dengan pemrograman netbeans 6.9









Pendukung agar aplikasi ini dapat berjalan, antara lain

  1. NetBeans Platform 6.9
  2. Hibernate Framework 3.5
  3. JasperReport 3.7
  4. MySQL Server 5.1
  5. SwingX

Membuat Program Kalkulator Sederhana Menggunakan NetBeans [JAVA]

Membuat Program Kalkulator Sederhana Menggunakan NetBeans [JAVA]

Langsung aja lah kita buat Kalkulator sederhananya ... kalo ga mau repot-repot membuat kalkulator seperti ini, silahkan pergi ke toko elektronik pasti banyak ,,, hehe cekibrot lah ,,,
Berikut ini langkah demi langkahnya :
1. Buat Project baru dengan Klik File-New Project-Java Application lalu Next -Project namenya terserah mau dikasih nama apa (punya saya midsemesterjava, kerena kebetulan buat project mid. hehe) untuk Create main class yang di bawah buang aja centangnya lalu Finish ...












2.Klik Kanan Pada nama Projectnya di sebelah kiri lalu pilih New-JFrame Form, maka akan muncul Kotak Form di dalam area kerja Netbeans







3. Lalu Masukkan Komponen-komponen berikut ini ke dalam JPanel Form yang baru saja kita buat, desainnya sesuai keinginan anda ...


4. Untuk Mengganti Tulisan & Variable Namenya cukup Klik Kanan pada button lalu Edit Text, isikan dengan tulisan yang diinginkan misalkan button1 saya isi dengan angka 1, button2 saya isi dengan angka 2 dan seterusnya. Sedangkan menggenti nama variabelnya cukup Klik Kanan-Change Variable Name, nama variabel ini yang akan menjadi identitas dari masing-masing komponen. Misalkan Button1 saya ubah nama variabelnya menjadi tombolNol, button2 saya ganti menjadi tombolDua (seperti apada gambar) dan seterusnya.
5. Setelah Text & Variable Namenya selesai, desainlah tata letak komponen-komponen tadi sebagus mungkin, sesuai selera anda. Ini adalah screenshot desain kalkulator saya ...























6. Desain Selesai, tinggal codingnya. Berikut adalah coding lengkapnya:

import javax.swing.JButton;

/*

* To change this template, choose Tools | Templates

* and open the template in the editor.

*/

/**

*

* @author arief pham pham

*/

public class kalkulator extends javax.swing.JFrame {

String angka;

Double jumlah, bilangansatu, bilangandua;

int option;

/**

* Creates new form kalkulator

*/

public kalkulator() {

initComponents();

angka="";

private void layarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

// TODO add your handling code here:

layar.setText("");

}

private void tombolNolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="0";

layar.setText(angka);

}

private void tombolSatuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="1";

layar.setText(angka);

private void tombolDuaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="2";

layar.setText(angka);

}



private void tombolTigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="3";

layar.setText(angka);

}

private void tombolEmpatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="4";

layar.setText(angka);

}



private void tombolLimaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="5";

layar.setText(angka);

}

private void tombolEnamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="6";

layar.setText(angka);

}

private void tombolTujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="7";

layar.setText(angka);

}

private void tombolDelapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="8";

layar.setText(angka);

}

private void tombolSembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +="9";

layar.setText(angka);

}

private void tombolBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

bilangansatu = Double.parseDouble(angka);

layar.setText("/");

angka ="";

option =1;

}

private void tombolKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

bilangansatu = Double.parseDouble(angka);

layar.setText("*");

angka ="";

option =4;

}

private void tombolKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

bilangansatu = Double.parseDouble(angka);

layar.setText("-");

angka ="";

option =3;

}

private void tombolTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

bilangansatu = Double.parseDouble(angka);

layar.setText("+");

angka ="";

option =2;

}

private void tombolTitikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka +=".";

layar.setText(angka);

}

private void tombolCActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

angka ="";

layar.setText("0");

}

private void tombolSamadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

switch(option){

case 1:

bilangandua = Double.parseDouble(angka);

jumlah = bilangansatu / bilangandua;

angka = Double.toString(jumlah);

layar.setText(angka);

break;

case 2:

bilangandua = Double.parseDouble(angka);

jumlah = bilangansatu + bilangandua;

angka = Double.toString(jumlah);

layar.setText(angka);

break;

case 3:

bilangandua = Double.parseDouble(angka);

jumlah= bilangansatu - bilangandua;

angka = Double.toString(jumlah);

layar.setText(angka);

break;

case 4:

bilangandua = Double.parseDouble(angka);

jumlah = bilangansatu * bilangandua;

angka = Double.toString(jumlah);

layar.setText(angka);

break;

default:

break;

}

}

private void tombolKeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

// TODO add your handling code here:

System.exit(0);



}



public static void main(String args[]) {

/* Set the Nimbus look and feel */

//<editor-fold defaultstate="collapsed" desc=" Look and feel setting code (optional) ">

/* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the default look and feel.

* For details see http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html

*/

try {

for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {

if ("Nimbus".equals(info.getName())) {

javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());

break;

}

}

} catch (ClassNotFoundException ex) {

java.util.logging.Logger.getLogger(kalkulator.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);

} catch (InstantiationException ex) {

java.util.logging.Logger.getLogger(kalkulator.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);

} catch (IllegalAccessException ex) {

java.util.logging.Logger.getLogger(kalkulator.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);

} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {

java.util.logging.Logger.getLogger(kalkulator.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);

}

//</editor-fold>

/* Create and display the form */

java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

public void run() {

new kalkulator().setVisible(true);

}

});

}

// Variables declaration - do not modify

private javax.swing.JLabel jLabel1;

private javax.swing.JTextField layar;

private javax.swing.JButton tombolBagi;

private javax.swing.JButton tombolC;

private javax.swing.JButton tombolDelapan;

private javax.swing.JButton tombolDua;

private javax.swing.JButton tombolEmpat;

private javax.swing.JButton tombolEnam;

private javax.swing.JButton tombolKali;

private javax.swing.JButton tombolKeluar;

private javax.swing.JButton tombolKurang;

private javax.swing.JButton tombolLima;

private javax.swing.JButton tombolNol;

private javax.swing.JButton tombolSamadengan;

private javax.swing.JButton tombolSatu;

private javax.swing.JButton tombolSembilan;

private javax.swing.JButton tombolTambah;

private javax.swing.JButton tombolTiga;

private javax.swing.JButton tombolTitik;

private javax.swing.JButton tombolTujuh;

// End of variables declaration
}
    
7. Selesai, silahkan Run project anda dengan tekan tombol Shift+F6. Selamat ya kalkulator anda sudah jadi, kalo ada yang ga jadi coba lagi dan coba lagi, maka anda akan semakin mengerti. hehe

Cara mempercepat koneksi WIFI/Hotspot

Cara mempercepat koneksi WIFI/Hotspot

Yah mumpung ga ada kerjaan mending bagi-bagi ilmu aja, kali ini aku mau ngasi tau cara biar jaringan internet kita bisa cepat saat main internet dijaringan hotspot.

Biasanya orang pake aplikasi untuk mendongkrak kecepatan internet mereka, tapi cara saya beda, ga perlu pake aplikasi, hanya perlu buka Command Prompt aja.

Biar ga lama mending langsung aja kita ikuti caranya.

1. Koneksikan komputer anda pada jaringan wifi. Setelah itu klik kanan pada nama jaringan lalu pilih Status

jaringan

2. maka akan muncul Status Wireles Network Connection lalu klik Detail

status

3. Ingat atau catat angka yang  ada seperti dilingkaran warna merah.

4. Klik Start ► Run Ketik cmd.exe     (Windows + R untuk win 7)

5. Ketikkan teks ini ping -l 500 192.168.1.1 –t lalu enter

tujuannya adalah anda meminta bandwitch sebanyak 500 bytes dari server jaringan hotspot. Bandwitch normal yang diberikan biasanya hanya 32 bytes per-user tetapi dengan mengetikkan format diatas berarti anda meminta 500 bytes, tetapi jika anda belum puas anda bisa menambahkannya sampai 1000, 2000, 3000 sapai 6000 pada angka 500 itu.

192.168.1.1 adalah IP address dari jaringan hotspot yang aku gunakan.

Biarkan jendela cmd terbuka selama anda internetan

Ping cmd

Bisa dibayangkan betapa kasihannya orang yang cuma mendapatkan 32 bytes sedangkan anda 500 bytes. Ingat untuk mengasihani orang lain