Penemu Mobil

Sejak masih kecil Henry telah menaruh perhatian yang besar terhadap berbagai mesin-mesin. Hal tersebut amat mencemaskan ayahnya. Ayahnya, William Ford menginginkan anaknya kelak menjadi seorang petani atau pedagang besar dan sukses karena ia sendiri adalah juga keturunan seorang petani. Akan tetapi Hendry tidak berminat terhadap pertanian. Kesukaannya kepada mesin-mesin itu kadang-kadang sering menyulitkannya, karena ia harus melawan kemauan ayahnya.
Suatu hari seorang petani datang ke sekolah Henry sambil marah-marah. Ia mengadu kepada guru di sekolah itu, dan menceritakan perihal tingkah laku beberapa orang murid sekolah itu.
Mereka dipimpin oleh Henry untuk membendung sebuah sungai kecil yang mengaliri ladang-ladang pertanian miliki petani tadi.
Bendungan tersebut mengakibatkan aliran sungai menjadi terhenti dan mengakibatkan banjir yang tidak karuan. Sang guru langsung berpaling dan berkata kepada Henry, “Pekerjaan apa ini, Henry?”, Tanya gurunya dengan geram. “Mengapa, ee” jawab Hendry tanpa acuh, “Kami tidak melakukan apa pun dan membanjiri ladang itu, kami hanya membangun sebuah bendungan untuk membendung air guna mengadakan percobaan kincir air untuk penggilingan kopi. Bapak dapat melihatnya bagaimana hebatnya alat itu bekerja”. Elak Henry.
Serta-merta gurunya itu marah dan mengukum Henry. Kemudian berkata kepada murid-murid yang lain, “Kalian harus belajar menghormati masyarakat, dan menolongnya. Bukankah saya selalu berpesan begitu setiap kali kalian akan pulang? (Kejengkelan tersebut diucapkan sang guru untuk menghibur si petani yang marah-marah tadi. Tapi ia tertarik dengan pekerjaan yang telah dilakukan oleh murid-muridnya).
Setelah eksperimen di atas dianggap cukup berhasil, Hendry menjadi lebih tekun mempelajari cara-cara mesin bekerja. Di sekolahnya suatu ketika, sewaktu pelajaran, sedang berlangsung, dengan bangga ia bercerita kepada teman-temannya mengenai mesin-mesin yang diketahuinya. Teman-temannya itu menjadi tertarik dan berkerumun di sekelilingnya mengakibatkan pelajaran terganggu. Tiba-tiba gurunya datang ke tengah-tengah kerumunan itu. “Henry”, bentak gurunya dengan geram dan menatap para murid-muridnya, “Apakah kalian tidak pernah mencoba bagaimana untuk belajar yang baik? Apa gunanya kalian datang ke sekolah ini. Ha? Sekarang kalian bersama Henry harus tinggal di kelas sehabis pelajaran nanti”.

Gurunya itu memberikan kepada mereka sebuah mesin yang telah dirusakkan lebih dulu. “Kalian harus membetulkan mesin ini!” Gertak gurunya itu. “Bilamana kalian tidak dapat memperbaikinya, kalian akan mendapat hukuman lagi”. Akan tetapi Henry dengan tangkas mengerjakan mesin tersebut hanya dalam jangka waktu kurang dari 10 menit segera selesai. Gurunya jadi kagum melihat bakat muridnya tersebut.
Keterampilannya dalam bidang permesinan itu membuat ia mulai dikenal orang. Ia sering memperbaiki mesin-mesin para tetangganya. Banyak orang yang kagum akan bakat Henry itu, tetapi ayahnya membenci pekerjaan itu.
William Ford menginginkan anaknya menjadi seorang petani yang baik. Tetapi hal tersebut tidak dapat dicegahnya sehubungan Henry mempunyai kemauan yang besar dalam bidang ini.
Setelah meningkat dewasa, dan merasa mampu untuk hidup mandiri. Henry meminta restu kepada orang tuanya untuk mencoba hidup merantau. Ia berjalan menuju kota Detroit. Di kota ini ia mendapatkan pekerjaan pada sebuah pabrik. Ia mendapat gaji 2,50 dolar seminggu. Tapi ia harus mengeluarkan biaya 3,50 dolar untuk biaya hidup dalam waktu yang sama. Maka untuk menutupi kekurangan, itu ia menambah pekerjaan ekstra sebagai pelayan pada sebuah toko permata. Dari toko ini ia menerima 2,00 dolar. Sembilan bulan lamanya ia bekerja di pabrik itu, sementara menjadi pelayan pada toko permata ketika pulang dari bekerja di pabrik.
Suatu hari, tiba-tiba ia mendapat kabar perihal ayahnya yang sakit keras. Ayahnya meminta Henry agar lekas pulang. Henry tidak dapat berbuat apa-apa kecuali memenuhi permintaan ayahnya itu. Dia harus kembali ke ladang!

Jum'at - 8 Pebruari 2013
Mary Leakey - Profil Biografi Profile Biodata Info - Siapa Dimana Kapan
Mengapa - Daftar Penemu Terkenal Di Dunia - Sejarah Aktual Faktualita
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese
Korean Arabic Chinese Simplified
Tokoh Ilmuwan Penemu » Kategori Zzz » Sejarah Penemuan Mobil
Sejarah Penemuan Mobil
[Mobil Uap - Joseph Cugnot] Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga
mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Peningkatan mesin
uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar
Society. Di Birmingham pun mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di
Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada
tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga
merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup
jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
.:[Close][Klik 2x][Tutup]:.
Sejarah dan Peristiwa
Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian
dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai
untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan
membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph
Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Tetapi
berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan
kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.
[Mesin 4 Tak Otto] Dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang
berbeda-beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara
tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasar. Tetapi jelas,
berjuta-juta mobil di abad lalu 99% menggunakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman
yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan
oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.
Gottlieb Wilhelm Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah
seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama (bersama dengan Carl
Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk
sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan
sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan
kecepatan putaran 700-900 per menit.
[Daimler Car - www.daimler.co.uk] Daimler berusaha mati-matian membuat
mesin untuk sepeda yang berarti sepeda motor pertama di dunia. Tahun
berikutnya Daimler membuat mobil roda empatnya yang pertama. Tak
dinyana, Karl Benz menggebraknya bikin mobil beroda tiga beberapa bulan
mendahuluinya. Mobil Benz, seperti halnya Daimler, digerakkan oleh mesin
versi Otto. Gottlieb Daimler mulai memasarkan mobilnya sedikit lebih
belakang dari Benz dan dia pun sukses.
Pada tahun 1890 ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Mobil
Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada Pangeran
Wales. Mobil 'Benzine Buggy" dipatenkan tahun 1895. Pada 24 tahun
setelah kematian Daimler, manajemen
DMG menandatangani persetujuan kooperatif dengan Benz & Cie milik
Carl Benz dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung membentuk
Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG. Daimler wafat pada 6 Maret
1900 dan penemuannya yang mendapatkan paten pertama adalah mesin empat
tak (1883)
Karl Friedrich Benz
Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah
seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler
yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan
bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis.
[The Benz Velo - www.emercedesbenz.com] Karl Benz membikin mobil beroda
tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan dalam beberapa
tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam kecepatan
mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap
mobil praktis.
Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota
dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler
bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama
menjadi Mercedes-Benz. Karl Friedrich Benz meninggal di Ladenburg di
Neckar, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929
Henry Ford
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah
besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
[Ford Car - cdn.dipity.com] Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi
dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di
kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian
roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran
Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa
tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930 jumlah produsen mobil berkurang drastis saat industri
saling bergabung dan matang. Sejak 1960 jumlah produsen hampir tetap dan
inovasi berkurang. Teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi
sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin yang
masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi
cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat
elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis
sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to Facebook
- Tokoh Ilmuwan Penemu - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/01/sejarah-penemuan-mobil.html Jum'at - 8 Pebruari 2013
Mary Leakey - Profil Biografi Profile Biodata Info - Siapa Dimana Kapan
Mengapa - Daftar Penemu Terkenal Di Dunia - Sejarah Aktual Faktualita
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese
Korean Arabic Chinese Simplified
Tokoh Ilmuwan Penemu » Kategori Zzz » Sejarah Penemuan Mobil
Sejarah Penemuan Mobil
[Mobil Uap - Joseph Cugnot] Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga
mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Peningkatan mesin
uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar
Society. Di Birmingham pun mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di
Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada
tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga
merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup
jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
.:[Close][Klik 2x][Tutup]:.
Sejarah dan Peristiwa
Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian
dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai
untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan
membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph
Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Tetapi
berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan
kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.
[Mesin 4 Tak Otto] Dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang
berbeda-beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara
tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasar. Tetapi jelas,
berjuta-juta mobil di abad lalu 99% menggunakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman
yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan
oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.
Gottlieb Wilhelm Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah
seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama (bersama dengan Carl
Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk
sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan
sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan
kecepatan putaran 700-900 per menit.
[Daimler Car - www.daimler.co.uk] Daimler berusaha mati-matian membuat
mesin untuk sepeda yang berarti sepeda motor pertama di dunia. Tahun
berikutnya Daimler membuat mobil roda empatnya yang pertama. Tak
dinyana, Karl Benz menggebraknya bikin mobil beroda tiga beberapa bulan
mendahuluinya. Mobil Benz, seperti halnya Daimler, digerakkan oleh mesin
versi Otto. Gottlieb Daimler mulai memasarkan mobilnya sedikit lebih
belakang dari Benz dan dia pun sukses.
Pada tahun 1890 ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Mobil
Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada Pangeran
Wales. Mobil 'Benzine Buggy" dipatenkan tahun 1895. Pada 24 tahun
setelah kematian Daimler, manajemen
DMG menandatangani persetujuan kooperatif dengan Benz & Cie milik
Carl Benz dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung membentuk
Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG. Daimler wafat pada 6 Maret
1900 dan penemuannya yang mendapatkan paten pertama adalah mesin empat
tak (1883)
Karl Friedrich Benz
Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah
seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler
yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan
bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis.
[The Benz Velo - www.emercedesbenz.com] Karl Benz membikin mobil beroda
tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan dalam beberapa
tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam kecepatan
mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap
mobil praktis.
Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota
dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler
bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama
menjadi Mercedes-Benz. Karl Friedrich Benz meninggal di Ladenburg di
Neckar, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929
Henry Ford
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan
oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh
Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah
besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil
Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
[Ford Car - cdn.dipity.com] Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi
dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di
kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian
roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran
Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa
tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930 jumlah produsen mobil berkurang drastis saat industri
saling bergabung dan matang. Sejak 1960 jumlah produsen hampir tetap dan
inovasi berkurang. Teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi
sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin yang
masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi
cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat
elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis
sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to Facebook
. Google Search : Sejarah Penemuan Mobil
. Artikel Biografi : Sejarah Penemuan Mobil | Tokoh Ilmuwan Penemu
. Sejarah Penemuan Mobil : 9 out of 10 based on 234 ratings - 72 user
reviews.
You might also like:
Sejarah Penemuan Kereta Api
Tokoh Mobil Amerika Ford
Tokoh Penemu Mesin Uap
Penemu Mesin Pembakaran Dalam
Tokoh Industri Mobil Jepang
LinkWithin
Baca juga Artikel Terkait dibawah ini :
Mesin
Anyos Jedlik - Dinamo Motor Listrik
Jethro Tull - Tokoh Agronomi Inggris
Insinyur Penemu Pompa Kincir Air
Penemu Mesin Pembakaran Dalam
Sarjana Ahli Tehnik Mesin Islam
James Watt - Penemu Mesin Uap
Tokoh Mobil Amerika Ford
Sarjana Tehnik Penemu Mesin Diesel
Tokoh Penemu Terbesar Dunia
Penemu Mesin 4 Tak Langkah
Transportasi
John Boyd Dunlop dan André Citroën
Tokoh Wanita Pelopor Penerbangan
Penemu Black Box atau Kotak Hitam
Perancang Pesawat Militer Sukhoi Rusia
Pendiri Perusahaan Otomotif Audi
Wright Brothers Penemu Pesawat Terbang
Penemu Lift - Elisha Graves Otis
Penemu Ban Karet Vulkanisir
Sejarah Penemuan Kereta Api
Bapak Program Ruang Angkasa
Ilmuwan Roket & Arsitek Astronautika
Pendiri Industri Otomotif Honda Jepang
Tokoh Mobil Amerika Ford
[Posting Lebih Baru] [Posting Lebih Lama] [Halaman Depan]
HomePage
Hari ini dalam Sejarah - Tokoh Ilmuwan Penemu - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/01/sejarah-penemuan-mobil.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar