Jumat, 26 April 2013

Kewajiban Wanita Muslimah Berjilbab Bila Berada Di Luar Rumah


Kewajiban Wanita Muslimah Berjilbab Bila Berada Di Luar Rumah

 
    Melihat pesan Rasulullah saw. "Baligu anni walauayah, artinya Sampaikan dari saya walaupun satu ayat." maka melihat fakta sekarang ini ada muslimah yang berpakaian belum sesuai dengan syarat agama Islam, malah ada tanggapan miring bahwa berjilbab itu untuk menutup cacat fisik atau kekurangan-kekurangan fisik diri seseorang. Anggapan yang demikian itu mungkin muncul karena memang belum tahu dasar dan hukumnya wanita berjilbab. 

Pengertian Jilbab : 
     Menurut tafsir Depag hal 678, jilbab adalah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala dan dada, maka apapun model jilbab yang penting kepala dan dada harus tertutup. 

Hukum Jilbab : 
     Menurut pendapat saya, berjilbab bila berada di luar rumah hukumnya wajib karena jelas dalam Al Qur'an, Allah memerintahkan dalam QS. Al ahzab ayat 59 yang artinya: "Hai Nabi katakanlah kepada istrimu, anak-anak perempuanmu, istri orang mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka yang demikian itu supaya lebih mudah dikenal karena itu mereka tidak diganggu dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 
     Dari arti ayat Al Qur'an tersebut jelaslah berjilbab adalah perintah Allah kepada semua wanita yang beriman, maka berjilbab tidak hanya mengikuti mode tetapi benar-benar menjalankan syariat agama. Maka berbanggalah teman/sahabat/saudari semua yang sudah berjilbab, karena berjilbab dalam rangka ibadah kepada Allah yang tentu saja mendapat pahala dari Allah. Di samping itu, diharapkan dapat lebih jelas identitas kita sebagai muslimah sehingga kita akan lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertingkah laku dimanapun kita berada sehingga membawa kita selamat baik di dunia dan akhirat. 
    Saya yakin sebagian besar teman/sahabat/saudari semua sudah tahu tentang hukum berjilbab dari pengajian atau pak ustadz atau dari seseorang yang ahli, jadi saya berharap teman/sahabat/saudari terbuka hatinya dengan hidayah Allah untuk berpakaian sesuai syariat agama Islam (berjilbab), karena diri kita akan bertambah mulia telah menjalankan syariat agama Islam. 

Dimana Kita Harus Berjilbab? 
     Saya sering melihat ada teman/sahabat/saudari yang apabila pergi ke pengajian, mendatangi Walimatul ursyi, pergi ke masjid sudah berkerudung dan berjilbab tetapi pada saat acara olahraga, ke acara jalan-jalan yang tidak berbau agama maka masih banyak yang tidak menggunakan jilbab. Padahal yang benar dimanapun kita berada dan pada acara apapun asalkan kita kita dilihat oleh orang-orang yang bukan muhrim maka kita harus berjilbab sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah dalam QS. Annur ayat 31. 
     Maka dengan penuh harapan semoga kita semua yang muslimah akan lebih berwibawa bila berjilbab dimana-mana, dan saya yakin berjilbab tidak akan mempengaruhi apapun, kita menjadi lebih mulia. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar